Sudah Tahu Cara Mencuci Tangan yang Benar? Yuk Cari Tahu Disini

Mencuci tangan nampaknya sudah menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan ketika sampai di rumah. Hal ini lantaran dengan mencuci tangan akan mampu untuk melindungi diri dari sebaran virus dan penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara mencuci dengan sabun cuci tangan yang tepat? Berikut ini akan diulas selengkapnya.

antibacterial hand soap

Cara Untuk Mencuci Tangan Dengan Benar

1. Membasahi Tangan Terlebih Dahulu

Melakukan aktivitas mencuci tangan memang tidak bisa asal asalan. Sebab, jika anda melakukannya secara asal asalan, maka hal tersebut tidak akan membuat tangan menjadi lebih bersih. Oleh karena itu, terdapat langkah langkah yang perlu untuk anda perhatikan ketika sedang mencuci tangan.

Pertama, anda bisa membasahi terlebih dahulu kedua tangan. Mulai dari telapak tangan hingga ke pertengahan lengan dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Anda bisa memilih dengan air yang hangat atau dingin sesuai dengan kebutuhan anda. Langkah pertama ini wajib anda lakukan sebelum menggunakan sabun cuci tangan.

2. Memberi Sabun

Selanjutnya, ketika anda telah selesai membasahi tangan dengan menggunakan air yang mengalir, maka hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menuangkan sabun secukupnya. Kemudian, anda pun bisa mengoleskan ke seluruh kedua telapak tangan hingga menutup permukaan tangan.

3. Gosok Secara Perlahan

Kemudian, hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menggosoknya secara perlahan. Caranya adalah dengan menggosok permukaan kedua telapak tangan dengan punggung tangan. Lakukan hal ini secara bergantian. Lalu, anda pun juga jangan sampai lupa untuk menggosok jari jari tangan dan juga sela sela pada jari secara bergantian.

Lakukan cara ini hingga kedua tangan menjadi bersih. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian bawah kuku yang anda miliki. Anda bisa membersihkan kedua ibu jari tangan. caranya adalah dengan menggenggam dan memutarnya secara bergantian. Anda bisa melakukannya hingga dirasa tangan menjadi bersih.

4. Bilas Menggunakan Air yang Mengalir

Langkah selanjutnya di dalam mencuci dengan menggunakan sabun cuci tangan adalah dengan membilasnya menggunakan air yang mengalir. Cara ini bisa anda lakukan setidaknya setelah menggosok selama kurang lebih 20 detik. Lalu, bilas dan keringkan tangan menggunakna hand dryer. Atau anda juga bisa mengeringkannya menggunakan tisu atau handuk khusus. Lakukan hal ini secara rutin setelah anda sampai di rumah.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencuci tangan dengan benar. Pastikan setelah anda sampai di rumah sehabis beraktivitas di luar ruangan, kegiatan mencuci tangan adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Hal ini memiliki tujuan agar nantinya tubuh pun menjadi sehat. Sebab, bakteri dan virus yang ada di luar ruangan telah tercuci bersih menggunakan air yang mengalir dan sabun khusus untuk cuci tangan tersebut

Beli sabun cuci tangan dan produk kesehatan lainnya di Olaif dengan kualitas lebih baik serta harga terjangkau ! tersedia juga beragam produk rumah tangga lainnya untuk keluarga.