Manfaat mikrobiologi bagi kehidupan manusia

Manfaat mikrobiologi bagi kehidupan manusia

Manfaat mikrobiologi bagi kehidupan manusia. Mikrobiologi adalah studi tentang mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, ganggang, dan parasit. Mikrobiologi adalah bagian yang terpenting dalam biologi. Keutamaan mikrobiologi sangat tinggi dalam tiap aspek kehidupan kita setiap hari seperti dalam ilmu pangan, ilmu lingkungan, ilmu kedokteran, keperawatan, perikanan, farmasi, dan bioteknologi.

Manfaat mikrobiologi bagi kehidupan manusia

Penerapan mikrobiologi dalam kehidupan kita sehari-hari telah membawa perubahan atau perkembangan besar bagi kita dalam perawatan kesehatan dan pertanian. Pentingnya Mikrobiologi:

1.Pentingnya Mikrobiologi dalam Industri Makanan

Mikroorganisme yang terlibat dalam mikrobiologi makanan termasuk jamur, bakteri dan ragi. Bakteri terutama menyebabkan keracunan makanan dan pembusukan makanan sehingga menyebabkan berbagai penyakit kesehatan usus manusia.  Beberapa strain bakteri digunakan untuk menghasilkan berbagai macam makanan dan produk susu. Strain bakteri ini termasuk Streptococcus thermophiles, Bifidobacterium sp, dan Lactobacillus bulgaricus.

Bakteri asam laktat membantu dalam memproduksi keju yogurt, saus panas, acar, sosis fermentasi, dan kimchi.  Cetakan digunakan untuk memproduksi berbagai produk makanan dan makanan. Mereka membantu dalam mematangkan beberapa jenis makanan.

Jamur juga membantu dalam memproduksi enzim dan asam sitrat yang digunakan dalam membuat roti dan minuman ringan masing-masing. Ragi digunakan dalam industri makanan karena ragi memfermentasi gula menjadi etanol dan karbon dioksida.

Ragi, Saccharomyces cerevisiae digunakan untuk membuat roti, menyeduh bir, dan membuat anggur. Nisin adalah agen antimikroba yang berasal dari bakteri. Ini digunakan dalam keju, daging, dan minuman untuk melestarikannya dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan.

2.Pentingnya Mikrobiologi dalam Ilmu Kedokteran

Mikroorganisme dapat menyebabkan manfaat dan bahaya bagi sel manusia dan hewan kita. Mikroorganisme ini termasuk virus, bakteri, jamur, dan parasit. Mikrobiologi medis penting karena beberapa alasan.

Melalui pengetahuan mikrobiologi medis, ahli mikrobiologi dapat mengidentifikasi, mengisolasi, mendiagnosis, mencegah mikroorganisme patogen. Mereka juga dapat merekayasa mikroorganisme yang bermanfaat untuk menghasilkan obat antimikroba.

Pengetahuan mikrobiologi membantu ahli mikrobiologi untuk berinovasi metode baru untuk memerangi penyakit. Fusi fluorescent adalah contoh yang baik dari mikrobiologi medis, yang membantu dalam deteksi cepat patogen dalam sampel jaringan.

Baca juga tentang dunia kedokteran ( medis ) di costellocostello.com

3.Pentingnya Mikrobiologi dalam industri farmasi.

Penemuan antibiotik adalah salah satu kontribusi mikrobiologi yang paling penting dalam industri farmasi. Antibiotik adalah produk sampingan metabolik mikroorganisme. Vaksin ini juga merupakan penemuan penting lainnya dari mikrobiologi.

Vaksin ini membantu ribuan orang dengan memproduksi antibodi terhadap virus. Dengan demikian mencegah infeksi virus. Misalnya, vaksin polio membantu memberantas polio di banyak negara.  Terapi juga telah menarik perhatian besar karena potensi pembunuhan terhadap bakteri.

Steroid juga merupakan produk farmasi lain yang diproduksi oleh mikroorganisme. Pencegahan kontaminasi mikroba obat-obatan, suntik, tetes mata, larutan hidung, dan produk inhalasi juga merupakan penemuan penting lainnya dari mikrobiologi.  Salah satu contoh besar mikrobiologi medis adalah penemuan insulin.

Insulin digunakan untuk pengobatan pasien diabetes. Insulin berasal dari sel pankreas β. Tapi itu tidak cukup untuk memenuhi permintaan besar-besaran untuk insulin. Teknologi DNA rekombinan menggunakan E. untuk menghasilkan jumlah insulin yang lebih tinggi untuk mengontrol konsentrasi gula pada pasien diabetes. Pentingnya Mikrobiologi dalam Keperawatan

 4.Pengetahuan mikrobiologi dalam keperawatan

Dalam keperawatan sangat penting untuk mengontrol dan mencegah infeksi di rumah sakit. Pengetahuan mikrobiologi untuk perawat dan profesional kesehatan lainnya dalam perawatan kesehatan sangat penting karena memberi mereka banyak informasi tentang kesehatan dan kebersihan.

Melalui pengetahuan mikrobiologi, perawat dan profesional kesehatan lainnya dalam perawatan kesehatan dapat belajar, bagaimana infeksi menyebar dan bagaimana hati-hati menyembuhkan atau operasi luka terbuka tanpa menginfeksi itu.

Pengetahuan mikrobiologi mengajarkan mereka untuk menjaga instrumen aseptik dan kontaminan-bebas. Ini membantu mereka menemukan dan mengidentifikasi gejala infeksi dan jenis infeksi pada tahap awal.

Ini juga mengajarkan mereka sifat organisme dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya, cara penularan penyakit yang paling rentan dan komposisi bahan kimia, obat-obatan, larutan aseptik, dll.

5.Pentingnya Mikrobiologi dalam Bioteknologi

Mikroorganisme digunakan dalam berbagai bidang bioteknologi. Dalam industri fermentasi, mikroba digunakan untuk menghasilkan etanol, asam organik, cuka, dan makanan fermentasi dengan menurunkan bahan organik yang kompleks.

Mikroba (misalnya virus) digunakan sebagai sumber vektor molekuler seperti plasmid, phagemid, dan cosmid dalam biologi molekuler dan teknologi DNA rekombinan.  Mikroba digunakan dalam bioremediasi yang menghilangkan senyawa organik dan hidrokarbon dari air limbah dengan menurunkan limbah organik ini.

Dengan menggunakan mikroorganisme, ahli mikrobiologi mengekstrak logam atau logam berat dari bijih mereka melalui proses yang disebut bioleaching dan biomining. Mikroorganisme juga menghasilkan enzim, vitamin, asam organik, antibiotik, asam amino, dan polisakarida sebagai produk metabolisme mereka untuk keperluan industri. Pentingnya Mikrobiologi dalam Produk Kimia

6.Beberapa produk kimia industri diproduksi melalui penggunaan mikroorganisme.

Produk-produk ini termasuk asetaldehida, asam asetat, asam asetatat, butanol, etanol, fruktosa, galaktosa, gliserol, asam laktat, manitol, mannose, asam piruvat, sorbosa, asam suksinat. Mikroorganisme yang menghasilkan produk ini termasuk bakteri asam asetat, bakteri asam laktat, bakteri asam propionat, bakteri asam butirat, E., Aerobacter aerogenes.

7.Pentingnya Mikrobiologi dalam bahan bakar:

Biofuel dapat diperoleh dari minyak mikroalga yang diekstraksi, biometana dengan pencernaan anaerobic. Biomassa mikroalga, etanol dengan fermentasi karbohidrat.  Mikroalga adalah sumber potensial kandungan minyak untuk produksi biodiesel. Mereka juga mengandung jumlah lipid yang lebih tinggi yang berfungsi sebagai bahan baku untuk produksi biodiesel.

Mikroalga mengandung sejumlah besar selulosa, pati, manitol, agar-agar dan laminarin yang difermentasi menjadi alkohol (etanol dan butanol). Mikroalga ini termasuk Chlorella, Chlamydomonas, Dunaliella, Scenedesmus, dan Spirulina.8. Pentingnya Mikrobiologi dalam akuakultur / perikanan:

Mikroorganisme heterotrofik memainkan peran penting dalam menguraikan bahan organik dan siklus nutrisi dalam sistem akuatik. Dalam sistem akuatik, mikroba ditempatkan di bagian bawah rantai makanan.

 8.Bidang akuakultur

Mikroorganisme juga memainkan berbagai peran penting dalam akuakultur karena mereka tumbuh secara alami di lingkungan akuatik.   Mikroorganisme dapat lindungi ikan dan larva dari berbagai infeksi mikroba. Meningkatkan kualitas air secara keseluruhan. Mengontrol perkembangan penyakit mikroba dan yang terinfeksi serangga. Menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan kelangsungan hidup larva, meminimalkan kebutuhan untuk menerapkan antibiotik.

9.Pentingnya Mikrobiologi dalam Pertanian:

Mikroorganisme membantu dalam menguraikan senyawa beracun di tanah pertanian mencegah akumulasi beracun di tanah. Dengan demikian membantu dalam meningkatkan kesuburan tanah. Mikroorganisme (misalnya ganggang biru-hijau) memainkan peran penting dalam fiksasi nitrogen.

Jamur seperti Mycorrhiza membantu tanaman menyerap mineral dan air dari tanah dan melindungi akarnya dari jamur dan nematoda lainnya. Actinomycetes (Nocardia dan Monospora) dan Molds (Mucor dan Aspergillus) meningkatkan kesuburan tanah dengan menguraikan bahan organiknya.

 10 Enzim yang Terlibat dalam Degradasi Plastik

Bakteri tanah lainnya membantu dalam nitrifikasi, nitrifikasi, mineralisasi dan oksidasi belerang, dll. Bakteri tanah menghasilkan humus yang membantu mempertahankan kelembaban tanah dan meningkatkan pembentukan struktur tanah.

Bakteri tanah mendukung pertumbuhan tanaman dengan memproduksi beberapa zat seperti auksin, giberelin, dan antibiotik. Bakteri tanah juga membantu mengendalikan hama dan penyakit mikroba. Bakteri tanah yang paling terkenal Bacillus thuringiensis memiliki kemampuan untuk mengendalikan hama ulat tanaman.

Demikianlah artikel berjudul manfaat mikrobiologi bagi kehidupan manusia. Semoga menambah khasanah keilmuan kita.