Manfaat Bubur Yang Perlu Anda Ketahui

Apa sih manfaat bubur bagi kesehatan manusia? Bagi yang sering sarapan, tentu saja makanan ini sangat tidak asing. Menjadi santapan yang paling cocok untuk sarapan, bubur ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bagus bagi tubuh.

Bubur memang paling nikmat jika disantap di pagi hari ketika sedang sarapan. Selain teksturnya yang sangat lembut sehingga nyaman untuk pencernaan, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan sarapan pakai bubur.

Pastinya, yang kami maksud di sini adalah bubur yang bukan bubur polosan yang kalian santap. Namun bubur dengan tambahan sayuran dan juga lauk pauk supaya nutrisi yang ada di dalam bubur semakin lengkap.

Jika bubur polosan yang kamu makan, tentunya tidak ada bedanya dengan makan nasi polosan saja. Bagi yang mau tahu manfaat bubur lebih dalam, simak beberapa manfaatnya berikut :

  • Bubur bisa membuat pengonsumsinya menjadi kenyang lebih lama

Bubur menjadi jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks. Jadi wajar jika makanan ini sangat baik bagi pencernaan. Agar nutrisi yang ada di dalam bubur semakin komplit, tak ada salahnya jika mencampurkan kacang-kacangan ke dalam bubur.

Hal tersebut agar kebutuhan asupan protein dan juga serat dapat terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, kamu bisa kenyang lebih lama dibandingkan sarapan menu yang lainnya.

  • Dapat menjaga kekebalan tubuh manusia

Bubur yang diberi tambahan sayur-sayuran juga memberi asupan antioksidan yang sangat bagus bagi tubuh. Di mana asupan tersebut membuat tubuh dapat terhindar dari radikal bebas.

Dengan demikian, sarapan bubur secara rutin dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Sudah pasti Anda tidak akan gampang sakit.

  • Dapat menurunkan tekanan darah tubuh

Bubur juga dianggap sebagai makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh manusia. Sebuah studi yang dilansir oleh American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, diet sehat dengan hanya makan bubur, sama efektifnya dengan minum obat tekanan darah tinggi yang dijual di apotik.

Hanya saja, Anda tetap harus menyeimbangkannya dengan olahraga teratur dan melakukan gaya hidup sehat.

  • Dapat menyehatkan kesehatan jantung

Sebuah studi yang telah dilakukan selama 25 tahun menyimpulkan bahwa orang-orang yang rutin makan bubur dapat lebih terlindungi dari berbagai penyakit jantung koroner.

Hal tersebut karena bubur yang dikonsumsi diperkirakan bisa mengalahkan kolesterol tinggi dan juga mampu menyerap lemak dalam tubuh. Akhirnya jantung menjadi lebih sehat.

Itu tadi manfaat bubur jika Anda konsumsi secara rutin. Ada banyak pilihan bubur yang bisa dikonsumsi saat sarapan. Mulai dari bubur kacang, bubur ayam dan sebagainya.

Tentu saja Anda bisa memilih jenis bubur yang menjadi favorit masing-masing saja. Selain dikonsumsi untuk sarapan, bubur juga bisa disantap saat malam hari. Menurutmu bagaimana, apakah kamu suka dengan bubur juga?