Macam – Macam Liga Sepakbola di Indonesia

Pertandingan BRI Liga 1 2021-2022 - Bola Nusantara

Liga Indonesia sudah dikenal lama sebagai liga sepakbola yang bergengsi. Akan ada pertandingan yang diisi oeleh club sepakbola tanah air. Adanya liga Indonesia juga turut serta sebagai unjuk gigi dan adu prestasi antar kelompok sepakbola. Disini juga merupakan tempat yang tepat untuk menyaring club berbakat untuk kemudian ditampilkan dikancah Internasional. Berikut Macam – Macam Liga Sepakbola di Indonesia antara lain :

  1. Liga 1

Merupakan liga professional yang berada di posisi paling atas membuat Liga 1 diisi oleh club besar. Liga 1 adalah sebuah bentuk transformasi dari liga super indonesia dan saat ini menjadi yang terdepan dalam agenda sepakbola dalam negeri. Liga 1 ini dibentuk oleh PSSI dan memiliki jadwal pertandingannya tersendiri. Menggunakan sistem pertandingan home away membuat cara bermain dari liga 1 ini cukup menantang.

 

  1. Liga 2

Tepat dibawah liga 1 yang merupakan puncak tertinggi. Liga 2 sendiri menaungi 24 club besar yang akan saling bertanding satu sama lain. Dari ke 24 club ini, ke 6 club lainnya akan diturunkan kedalam kasta liga terbawah. Ini merupakan sebuah strategy untuk mendapatkan club terbaik.

 

  1. Liga 3

Liga Indonesia menghadirkan berbagai macam komponen penting. Liga 3 diisi sebanyak 34 club yang berasal dari berbagai tempat di seluruh penjuru Indonesia. Liga 3 dibentuk seja tahun 2015 yang berasal dari gabungan divisi 2 dan divisi 3. Liga 3 adalah pilihan untuk seluruh club lolos dan bisa bergabung di liga 1. Anda harus melewati liga 3 dan 2 agar bisa bergabung kedalam liga 1 Indonesia.

 

  1. Piala Indonesia

Salah satu yang menjadi jembatan untuk melawan club besar di Indonesia lainnya adalah Piala Indonesia. Sistem dari Piala Indonesia sendiri bertugas untuk mempertemukan antar club dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 secara tepat. Akan ada jadwal bertanding tersendiri untuk para anggota yang tergabung di Piala Indonesia.

 

  1. Piala Presiden

Adanya Piala Presiden ini sendiri merupakan pengganti dari LSI. Piala presiden ini menjadi salah satu ajang permaian pra musim yang pada kala itu dihadiri oleh 16 club. Semakin berkembang kali ini Piala Presiden sudah menampung sekitar 20 club. Adanya Piala Presiden ini merupakan dampak dari sanksi dari PSSI oleh FIFA yang membuatnya terdampak besar.

 

  1. Piala Gubernur Jatim

Provinsi Jawa Timur juga memiliki Liga sendiri. Piala Gubernur Jatim ini banyak diikuti oleh club besar yang berasal dari Jawa Timur. Ada banyak pertandingan yang dibawa oleh Piala Gubernur Jatim dan yang terpenting dari adanya piala ini ditujukan untuk mengasah kemampuan setiap tim.

 

  1. Liga Mahasiswa

Siapa sangka bahwa Liga Mahasiswa dibuat untuk mendapatkan bibit unggul di dunia sepakbola. Liga Mahasiswa sendiri didirikan pada tahun 2012 dan menjadi lahan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukn yakni mengasah kemampuan, melatih daya tahan dan sebagainya.

 

  1. Liga Pendidikan Indonesia

Liga Indonesia memang memiliki berbagai macam jenis Liga nasional. Salah satu yang berada di barisan Liga Indonesia adalah Liga Pendidikan Indonesia. Anak smp hingga sma bebas untuk bergabung didalam Liga Pendidikan Indonesia karena ini merupakan wadah khusus untuk melatih generasi sepakbola penerus bangsa.

 

Liga Indonesia memiliki berbagai macam jenis Liga yang professional dan berkelas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan disini terutama dalam membentuk tim unggul dan berkemampuan tinggi.