Ide Penataan Sofa untuk Ruang Tamu Kecil di Sini!

Menata ruang tamu kecil memang cukup tricky, karena menempatkan furniture terlalu banyak akan membuat ruangan terasa sempit. Namun jika tanpa furniture, ruang tamu anda bisa terlihat kurang menarik dan tidak yaman. Karena sofa tamu minimalis merupakan perabotan utama di sana, yuk intip ide penataan sofa untuk ruang tamu kecil berikut ini.

TRES L-SHAPE SOFA - 1

Ide Penataan Sofa di Ruang Tamu Kecil

  1. Letakkan Sofa di Sudut Ruangan

Menempatkan sofa di sudut ruangan bisa menjadi pilihan apabila anda memiliki ruangan minimalis. Karena dengan begitu anda bisa memaksimalkan penggunaan space yang ada, sehingga di tengah ruangan tidak terlihat furniture yang menumpuk. Alhasil ruang tamu akan terkesan lebih lega dan luas daripada ukuran sesungguhnya.

Untuk menempatkan sofa di sudut ruangan, anda bisa menggunakan sofa dengan konfigurasi bentuk L. Sofa L-shape tersebut biasanya bahkan dijuluki sebagai sofa sudut lantaran penempatannya yang begitu ideal di pojokan. Meski begitu, pastikan anda sudah menyesuaikan ukuran sofa dengan luas ruang tamu terlebih dahulu.

 

  1. Sesuaikan Bantal Sofa

Tidak jarang sofa untuk ruang tamu kecil dilengkapi dengan bantal guna meningkatkan kenyamanan penggunaannya. Namun ada hal yang harus anda perhatikan ketika menata bantal sofa tersebut. Sebaiknya jangan gunakan bantal yang berukuran terlalu besar. Selain membuat sofa terkesan penuh dan menciptakan ilusi sempit, bantal sofa yang terlalu besar akan membuat anda tidak bisa duduk dengan nyaman.

 

  1. Pilih Warna Netral

Untuk ruang tamu kecil, dianjurkan untuk menggunakan deretan furniture berwarna netral. Termasuk sofa yang merupakan perabotan utama di ruang tamu. Penting bagi anda untuk memilih sofa dengan warna netral agak ruangan tidak berkesan terlalu ramai. Warna netral yang hangat bahkan membuat sofa mampu memberi kesan sambutan yang hangat pada tamu.

Pemilihan warna tersebut bahkan berlaku untuk cat dinding yang digunakan. Misalnya anda bisa menggunakan cat warna pastel untuk menciptakan efek luas pada ruang tamu kecil. Dimana penggunaan warna pada cat dan furniture tidak harus selalu sama, yang penting masih senada untuk membuat kombinasi yang menarik.

 

  1. Pengaturan Pencahayaan

Jangan lupakan pengaturan pencahayaan. Sebaiknya sofa berada tidak jauh dari cahaya alami yang masuk dari jendela agar ruangan terkesan lebih hidup. Akan tetapi, sofa untuk ruang tamu kecil juga dianjurkan tidak diletakkan secara langsung di tempat yang terkena sinar matahari. Karena dikhawatirkan sinar matahari secara terus menerus dapat merusak tekstur dan warna sofa tersebut.

Demikian ide penataan sofa di ruang tamu kecil yang bisa dicoba. Anda bisa mengkreasikan sendiri lebih lanjut sesuai selera masing masing. Jangan lupa gunakan sofa minimalis modern dari Cellini Furniture untuk menunjang ruang tamu. Hadirnya sofa yang tepat dan berkualitas seperti ini tentu dapat membuat ruang tamu terasa lebih nyaman, lebih hidup, dan memiliki nilai estetika sendiri.