Hal Menarik Tentang Pulau Karimunjawa yang perlu dipahami

taman nasional karimunjawa, juga taman nasional jawa crimon, merupakan taman nasional laut yg ditunjuk pada kepulauan karimunjawa, kabupaten jepara, jawa tengah, indonesia. jawa tengah pada laut jawa terletak 80 km barat laut jepara. taman nasional secara resmi dinyatakan sebagai daerah perlindungan bahari dalam tahun 2001. menurut legenda rakyat setempat, kepulauan ini ditemukan sang sunan nyamplungan, cucu sunan kudus menurut wali sanga.

 karimun jawa pula merupakan objek wisata yang populer dengan pantai berpasir putih, terumbu karang yg masih alami, pendakian yg menantang di perbukitan, ziarah ke makam sunan nyamplungan, dan adat dan tradisi warga  karimunjawa.

 berdasarkan legenda setempat, karimun berarti tidak jelas karena dalam cuaca baik karimunjawa bisa dipandang dari pantai daratan jawa, tetapi masih belum jelas. karimunjawa pada awalnya didirikan oleh sunan nyamplungan, putra sunan muria, keliru seorang wali islam (sunan) yg memperkenalkan islam ke jawa.

 karimunjawa lebih populer dari bali (yang sudah usang menjadi basis bajak bahari) selama berabad-abad… pulau ini dikenal oleh pelaut di semua global sebagai tempat proteksi di jalur perdagangan dari bahari jawa ke kalimantan atau kepulauan rempah, & mungkin. itu ditemukan dengan nama yg tidak selaras (tortuga, chirimao, carimon jawa …) di semua portulan kuno dan peta daerah tadi.

 sumber sejarah menyatakan bahwa nusantara ditemukan pada tahun 1293 oleh tentara cina yg dikirim oleh kaisar kubhilai khan (mereka menyebutnya chi-li-men), kemudian dalam tahun 1403 pelaut ottoman turki, portugis, belanda, prancis (bouguinville…), inggris dll. penelitian arkeologi terbaru telah menemukan porselen menurut dinasti ming.

 banyak yachtsmen melanjutkan tradisi & sekarang berhenti di karimunjawa pada perjalanan mereka berdasarkan australia ke thailand atau ke laut cina atau kebalikannya … geografi [sunting]

 kepulauan jawa crimon terletak pada utara jawa di laut jawa berdasarkan lima° 49′ – lima 57′ ls dan 110° 04′ – 110° 40′ bt. berjarak lebih kurang 120 km berdasarkan semarang, bunda kota provinsi jawa tengah; dan sekitar 80 km berdasarkan kota terdekat jepara. kabupaten karimunjawa, yg terdiri menurut 27 pulau, dibagi sebagai tiga desa, karimunjawa, kemujan & parang.[3] kepulauan ini berada pada bawah administrasi provinsi jawa tengah jepara.

 perpaduan geologi di nusantara sebagian besar  didominasi oleh batupasir kuarsa, kerikil, lumpur & lempung. topografi taman laut nasional karimunjawa adalah gelombang dataran rendah dengan ketinggian berkisar antara 0 sampai 506 meter pada atas bagian atas bahari. bukit gajah merupakan titik tertinggi pada taman. suhu bervariasi antara 30-31 °c.

 pulau terbesar di nusantara adalah pulau karimunjawa. kota atau desa masih ada di karimunjawa, kemujan, nyamuk, parang, & pulau genting. pulau-pulau lain tidak berpenghuni.

 banyak peneliti tertarik pada keunikan kepulauan karimunjawa jepara, dan keanekaragaman hayati laut & hutan yg masih asli. dalam masa penjajahan belanda, banyak pakar botani belanda misalnya teijsmann (1854), koorders (1886), schlechter (1910) dan dammerman (1926) tiba ke kepulauan karimunjawa.

 karimunjawa mempunyai lima jenis ekosistem: terumbu karang, rumput laut & alga, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah. air tawar terbatas pada beberapa sumur mini   dan aliran hutan pada pulau-pulau.

taman nasional karimunjawa, jua taman nasional jawa crimon, merupakan taman nasional laut yg ditunjuk pada kepulauan karimunjawa, kabupaten jepara, jawa tengah, indonesia. jawa tengah di bahari jawa terletak 80 km barat bahari jepara. taman nasional secara resmi dinyatakan sebagai daerah perlindungan laut pada tahun 2001. berdasarkan legenda masyarakat setempat, kepulauan ini ditemukan sang sunan nyamplungan, cucu sunan kudus berdasarkan wali sanga.

 karimun jawa pula adalah objek wisata yg terkenal menggunakan pantai berpasir putih, terumbu karang yang masih alami, pendakian bukit yg menantang, ziarah ke makam sunan nyamplungan, serta istiadat dan tradisi rakyat karimunjawa.

 berdasarkan legenda setempat, karimun berarti tidak kentara mengapa karimunjawa terlihat menurut pantai daratan jawa waktu cuaca cerah, tetapi masih belum jelas. karimunjawa dalam awalnya didirikan oleh sunan nyamplungan, putra sunan muria, keliru seorang wali islam (sunan) yg memperkenalkan islam ke jawa.

 karimunjawa lebih populer menurut bali (yang selama berabad-abad hanya basis bajak laut)… pulau ini dikenal & sebagai tempat perlindungan oleh para pelaut di seluruh dunia pada jalur perdagangan menurut bahari jawa ke kalimantan atau kepulauan rempah. itu ditemukan dengan nama yang tidak selaras (tortuga, chirimao, carimon jawa …) pada semua portal antik & peta wilayah tadi.

 asal sejarah memberitahuakn bahwa nusantara diserang oleh tentara cina (diklaim chi-li-men) yang dikirim sang kaisar kubhilai khan dalam tahun 1293, kemudian dalam tahun 1403 sang turki ottoman, portugis, belanda, pelaut prancis (bouguinville …), inggris , dll. penelitian arkeologi terkini sudah menemukan porselen menurut dinasti ming.

 banyak pelaut melanjutkan tradisi dan kini   berhenti di karimunjawa dalam bepergian mereka dari australia ke thailand atau ke laut cina atau kebalikannya … geografi [sunting]

 kepulauan jawa crimon terletak pada utara jawa di bahari jawa, pada 5° 49′ – 5 57′ ls dan 110° 04′ – 110° 40′ bt. berjarak kurang lebih 120 km menurut semarang, ibu kota provinsi jawa tengah; dan kurang lebih 80 km menurut kota terdekat jepara. kotamadya karimunjawa, yang terdiri dari 27 pulau, dibagi menjadi tiga desa, karimunjawa, kemujan, & parang.[tiga] kepulauan ini berada pada bawah administrasi jepara, provinsi jawa tengah.

 perpaduan geologi nusantara sebagian akbar didominasi sang batupasir kuarsa, kerikil, lumpur dan lempung. topografi taman laut nasional karimunjawa merupakan gelombang datar menggunakan ketinggian berkisar antara 0 sampai 506 meter di atas bagian atas bahari. bukit gajah adalah titik tertinggi di taman. suhu bervariasi antara 30-31 °c.

 pulau terbesar di nusantara adalah pulau karimunjawa. kota atau desa terdapat pada karimunjawa, kemujan, nyamuk, parang, & pulau genting. pulau-pulau lain nir berpenghuni.

 poly peneliti tertarik dalam keunikan kepulauan karimunjawa, serta keanekaragaman hayati bahari dan hutan yg masih orisinil. pada masa penjajahan belanda, banyak pakar botani belanda seperti teijsmann (1854), koorders (1886), schlechter (1910) dan dammerman (1926) tiba ke kepulauan karimunjawa.

 karimunjawa mempunyai lima jenis ekosistem: terumbu karang, rumput bahari dan alga, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan tropis dataran rendah. air tawar terbatas pada beberapa sumur mini   dan genre hutan pada pulau-pulau.