Cover Letter: Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis dan Cirinya yang Baik

Contoh Cover Letter, Jurus Ampuh Fresh Graduate Dapat Kerja - Ajaib

Selain CV yang up-to-date saat melamar pekerjaan, cover letter ternyata juga penting. Cover letter saat ini dapat dikirim sebagai lampiran email perusahaan beserta dokumen-dokumen lain yang diperlukan.

Jadi apa itu cover letter dan tujuannya? Baca yuk di bawah!

 

Apa Itu Cover Letter?

Surat pengantar untuk seseorang atau pihak yang menerima lamaran pekerjaan, atau singkatnya surat lamaran untuk lamaran kerja, adalah definisi dari cover letter. Dengan membuat dan mengirimkannya, Anda akan menambah nilai dan terlihat profesional di mata perekrut.

Surat lamaran memungkinkan perekrut untuk melihat informasi tentang Anda secara sekilas saat Anda melamar pekerjaan. Ketertarikan Anda pada posisi atau perusahaan yang Anda lamar dalam surat lamaran Anda akan menarik perekrut untuk melihat resume Anda sampai menjadwalkan wawancara dengan Anda.

 

Tujuan Cover Letter

Sekarang setelah Anda membaca definisinya, saatnya Anda mempelajari mengapa surat pengantar penting saat melamar pekerjaan.

  1. Memberi gambaran singkat tentang diri anda

Seperti yang Anda katakan sebelumnya, Anda akan menyertakan profil singkat yang mengungkapkan pendapat Anda tentang kemampuan Anda untuk mengisi posisi yang Anda lamar. Jika Anda melihat sekilas diri Anda di surat lamaran, perekrut kemungkinan akan membaca resume yang Anda kirim.

  1. Buat kesan profesional

Cover letter tidak hanya memberi Anda gambaran singkat, tetapi juga membuat Anda tampak jauh lebih profesional. Mengapa? Karena itu menjelaskan dalam bahasa formal kecocokan antara keterampilan Anda dan kualifikasi untuk posisi yang Anda lamar.

Singkatnya, niat dan tujuan Anda segera terlihat oleh perekrut.

  1. Membuat kesan pertama dengan perekrut

Pernahkah Anda mendengar bahwa kesan pertama dapat mempengaruhi persepsi seseorang? Ini disebut Halo Effect, diusulkan oleh seorang psikolog Amerika bernama Edward L. Thorndike. Namun, persepsi yang baik tidak selalu berarti itu hal yang baik.

 

Jenis-Jenis Cover Letter

Meskipun terutama dimaksudkan untuk memberikan gambaran singkat kepada perekrut, tampaknya ada beberapa jenis surat pengantar yang berbeda: Apa itu?

  1. Surat Pengantar Lamaran

Secara singkat, tipe pertama adalah surat pengantar standar untuk lamaran pekerjaan pada umumnya.

  1. Surat Pengantar untuk Prospek atau Inquiry

Surat pengantar untuk prospek adalah surat yang ditujukan kepada perusahaan yang menarik untuk menanyakan ketersediaan lowongan. Secara umum perbedaan dari tipe yang pertama adalah surat pengantar, ini bukan surat pengantar menanggapi tawaran pekerjaan, tetapi meminta informasi tentang tawaran pekerjaan.

  1. Surat Pengantar Networking

Jenis ketiga ini adalah surat lamaran, biasanya ditujukan kepada relasi pelamar. Tujuan surat lamaran adalah untuk mendapatkan bantuan dari hubungan Anda untuk mencari pekerjaan.

Karena ditujukan kepada rekan dekat atau anggota keluarga, jangan selalu menggunakan bahasa formal seperti dua di atas. Surat lamaran pendek memiliki konten yang jauh lebih pendek daripada jenis pertama.

 

Ciri-Ciri Cover Letter yang Baik

  • Singkat dan sederhana

Biasanya, surat lamaran hanya terdiri dari satu halaman A4. Panjang surat kurang lebih 250 hingga 300 kata.

Yang paling penting adalah pada 1 halaman jika memungkinkan.

  • Harus Terupdate

Misalnya, jika Anda seorang siswa sekolah menengah dan ingin melamar pekerjaan, cukup masukkan latar belakang pendidikan terakhir Anda, mulai dari sekolah menengah atas.

  • Tidak Typo

Masalahnya adalah kesalahan ketik membuatnya terlihat tidak profesional. Karena itu, tinjau surat lamaran tertulis sebelum mengirimkannya ke perekrut, jadi tidak ada informasi yang salah.

  • Gunakan Bahasa Inggris

Tahukah Anda bahwa surat lamaran sebenarnya harus ditulis dalam bahasa Inggris? Karena jika Anda menulis dalam bahasa Inggris, perusahaan yang Anda lamar akan mengetahui tingkat bahasa Inggris Anda, yang pasti akan mempengaruhi kelulusan Anda.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, tujuan, jenis dan ciri-ciri cover letter yang baik dan benar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!