7 Tips Memilih Rumah Kontrakan Untuk Pasangan Yang Baru Menikah

Tidak semua pasangan baru menikah bisa membeli rumah sebagai tempat tinggal setelah sah menikah. Untuk itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memilih rumah kontrakan di Puri Casablanca. Namun bagi pasangan yang baru menikah, selektif dalam pemilihan rumah.

Mengontrak rumah adalah jalan ninja yang bisa dipilih karena kontrakan harganya jauh lebih terjangkau dibanding sewa apartemen. Apalagi jika belum memiliki kemampuan secara finansial untuk beli rumah cash atau kredit. Berikut ini beberapa tips bagi yang ingin mengontrak rumah terutama untuk pasangan suami istri baru.

1. Tentukan Lokasi

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan lokasi rumah yang strategis. Apalagi jika Anda adalah pasangan suami istri yang sudah sama-sama bekerja, untuk menghemat biaya transportasi maka bisa memilih lokasi kontrakan yang dekat dengan kantor. Selain hemat biaya, lokasi rumah yang dekat dengan tempat bekerja juga bisa menghemat waktu tempuh.

Pemilihan lokasi yang strategis juga sangat penting untuk menentukan apakah lokasi tersebut, dekat dengan berbagai fasilitas umum. Fasilitas publik memudahkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan. Setidaknya lokasi kontrakan dekat dengan pasar atau pusat perbelanjaan, rumah sakit, sarana pendidikan, tempat ibadah dan juga jalan tol.

2. Bagaimana Lingkungan Sekitar Kontrakan

Selanjutnya penting juga untuk memperhatikan, bagaimana lingkungan sekitar area kontrakan yang ingin di sewa. Anda harus memilih lingkungan yang sehat untuk ditempati demi kelangsungan hidup.

Perhatikan bagaimana sistem keamanan dari area kontrakan. Karena keamanan akan membuat Anda nyaman tinggal di tempat tersebut, apalagi bagi Anda yang berencana untuk mengontrak dalam jangka waktu lama.

3. Lakukan Survei

Memilih kontrakan bisa dengan melakukan survei langsung ke lokasi atau survei lewat internet. Ketika survei ke lokasi, maka keuntungannya adalah Anda bisa langsung melihat bagaimana lingkungan sekitar dari kontrakan yang ingin dipilih. Selain itu Anda juga bisa langsung bertanya pada tetangga sekitar untuk menambah informasi terkait lingkungan dan juga calon tetangga.

Mengobrol dengan tetangga sekitar area kontrakan membuat anda tahu bagaimana karakter dari masyarakat sekitar, apakah cocok atau tidak dengan anda dan pasangan. Namun ketika survei langsung maka sangat tidak efisien secara waktu, apalagi jika pada akhirnya ternyata kontrakan tersebut tidak sesuai dengan harapan Anda.

Ketika memilih survei secara online, Anda bisa memanfaatkan sosial media hingga platform jual beli dan penyewaan properti. Survei di internet, tentu saja sangat efisien secara waktu apalagi jika anda adalah orang-orang yang sibuk bekerja setiap hari. Survei online ini juga tentu menghemat budget transportasi.

4. Pilih Jangka Waktu Sewa Yang Singkat

Untuk yang baru menikah, maka dalam memilih kontrakan sebaiknya pilih jangka waktu sewa yang singkat. Anda bisa memilih waktu 3 bulan, 6 bulan sampai 1 tahun. Jangka waktu yang singkat ini membuat Anda tidak merugi nantinya manakala ternyata lingkungan sekitar kontrakan tidak cocok bagi Anda dan pasangan.

Jangka waktu sewa yang singkat juga sangat baik dipilih bagi Anda yang mungkin sedang menunggu selesai pembangunan rumah. Atau sedang mencari perumahan yang cocok untuk ditinggali memilih mengontrak agar tidak merepotkan orang tua. Karena biasanya, untuk memilih rumah yang cocok perlu berbagai pertimbangan yang matang.

5. Harga Sewa Kontrakan

Penting juga mempertimbangkan dari sisi harga sewa dari kontrakan yang ingin ditempati. Anda bisa memilih kontrakan sesuai dengan budget. Untuk kontrakan dengan fasilitas lengkap dan modern, biasanya membutuhkan biaya sewa yang mahal. Harga sewa kontrakan juga bisa bergantung pada lokasi yang dipilih.

Untuk lokasi kontrakan di tengah kota, maka anda harus menyiapkan budget sewa yang besar. Namun untuk kontrakan di pinggiran kota tentu harga sewanya jauh lebih terjangkau. Anda bisa sesuaikan untuk pertimbangan harga sewa ini dengan kemampuan finansial anda dan pasangan.

6. Diskusikan Dengan Kerabat

Dalam memilih rumah untuk dikontrak, bisa juga dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan teman atau kerabat. Misalnya dengan memilih diskusi pada teman yang juga baru menikah atau minta pendapat pada orang-orang yang sudah menikah lebih lama.

Selain mendapat masukan yang positif, Anda juga bisa mendapatkan referensi tempat penyewaan rumah yang aman dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap.

7. Jangan Gengsi

Selain memilih rumah yang harus disesuaikan dengan budget, Anda juga harus membuang gengsi jauh-jauh. Biasanya pasangan baru menginginkan mencari kontrakan yang mahal agar terlihat lebih mapan.

Padahal ketika mengontrak, kepemilikan dan penggunaan rumah adalah sementara. Daripada memilih kontrakan yang mahal, lebih baik ngontrak di rumah sederhana lalu sisa uangnya bisa ditabung untuk DP rumah atau membangun rumah. Apalagi kini ada banyak pilihan rumah dengan harga terjangkau atau bisa juga memanfaatkan rumah subsidi program dari pemerintah.

7 tips diatas bisa Anda terapkan untuk pasangan suami-istri ataupun keluarga yang kebetulan membutuhkan rumah kontrakan. Bagi yang sedang ingin mencari penyewaan properti baik rumah kontrakan ataupun sewa apartemen, bisa memanfaatkan platform jual beli Rumah.com.

Anda bisa percayakan pada platform ini untuk mendapatkan hunian yang bisa di sewa dengan harga terjangkau dan fasilitas lengkap. Kelebihan platform ini, Anda bisa menemukan rumah sewa, kontrakan, sewa apartemen, jual dan beli rumah baru atau bekas di berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Katalog untuk berbagai tipe rumah juga dihadirkan secara lengkap, sehingga bisa disesuaikan dengan budget anda. Rumah.com juga menghadirkan fasilitas untuk meminta saran dari pakar properti bagi yang sedang ingin investasi properti. Kunjungi website resmi Rumah.com sekarang juga.