5 Mall di Jogja bagi Wisatawan yang Hobi Berbelanja

Jogja merupakan salah satu kota yang menarik untuk berwisata. Tidak hanya wisata alam maupun buatan melainkan juga wisata belanja. Jika ingin berbelanja ala tradisional, wisatawan bisa berkunjung ke Pasar Beringharjo. Namun, jika ingin berbelanja ala modern, ada baiknya berkunjung ke mall di Jogja.

Saat ini, Jogja telah banyak berkembang khususnya wisata belanja. Jika sebelumnya wisatawan hanya mengenal mall yaitu Mall Malioboro, sekarang sudah ada Plaza Ambarukmo dan Jogja City Mall. Selain itu, masih ada beberapa mall di Jogja yang perlu diketahui wisatawan.

Lalu, apa saja, sih, daftar mall di Jogja yang perlu menjadi rencana kunjungan wisatawan? Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Mall Malioboro

Salah satu mall di Jogja yang legendaris adalah Mall Malioboro. Berdiri sejak tahun 1993, Mall Malioboro merupakan mall pertama di Yogyakarta. Letaknya sangat strategis yaitu berada di pusat kota. Lebih tepatnya di Jalan Malioboro No. 52-58, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta.

Mall Malioboro termasuk mall yang ramai karena segala kebutuhan wisatawan untuk berbelanja tersedia di sana. Mulai dari kuliner, pakaian, hingga oleh-oleh khas Jogja. Hampir setiap orang yang ke Jogja pasti pernah masuk ke Mall Malioboro untuk sekadar melepas penat atau mampir membeli produk tertentu.

2. Galeria Mall

Setelah Mall Malioboro, wisatawan perlu tahu mall di Jogja yang satu ini. Terletak di persimpangan Jalan Solo dan daerah Sagan, mall ini memiliki tiga lantai utama dan dua lantai ground. Nama mall ini adalah Galeria Mall.

Galeria Mall sangat cocok bagi wisatawan yang hobi bersantai dengan keluarga. Di sana terdapat tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Selain itu, terdapat tempat nongkrong di lantai atas bahkan di rooftop. Wisatawan juga bisa menikmati kolam ikan yang terdapat di lantai dua.

3. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarukmo merupakan salah satu mall di Jogja yang cukup megah. Terletak di Jalan Laksda Adisucipto No. 80, Ambarrukmo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Plaza Ambarrukmo memiliki empat lantai utama dan dua lantai ground. Di Amplaz -begitulah orang Jogja menyebutnya- wisatawan bisa menikmati ratusan tenant yang tersedia.

Di Amplaz, wisatawan bisa membeli kebutuhan sehari-hari, pakaian bermerek hingga alat tulis. Ada pula perawatan tubuh dan kecantikan. Bahkan, jika ingin bersantai, tersedia bioskop XXI atau ingin bermain game di Timezone.

Yang menarik adalah Amplaz memiliki jembatan, dan satu-satunya di Jogja, menghubungkan ke Grand Ambarrukmo. Tentu saja ini membantu wisatawan yang menginap di sana sehingga bisa berlanjut ke wisata belanja.

4. Jogja City Mall

Jika wisatawan sedang mencari mall di Jogja yang instagram-able, bisa pergi ke Jalan Magelang. Di sana, wisatawan akan menemukan Jogja City Mall. Ini mall yang cukup megah. Hal itu terlihat dari tiang-tiang yang menjulang tinggi. Di tengah-tengahnya terdapat kolam air mancur.

Ketika wisatawan berada di dalam maka akan melihat aneka tenant. Mulai dari kuliner, sepatu, gelang, hingga pakaian. Jika ingin bersantai, ada banyak cara. Menonton film di bioskop, bermain game di arena permainan, dan menikmati musik band di dekat kolam pada malam hari.

5. Hartono Mall

Meskipun baru hadir beberapa tahun belakangan, Hartono Mall tampaknya mencuri perhatian wisatawan. Hal tersebut menjadi wajar karena Hartono Mall adalah mall di Jogja yang cukup megah dan mewah.

Di Hartono Mall, wisatawan akan menemukan toko dengan merek-merek terkenal. Seperti H&M, Starbucks, Adidas, Nike, dan masih banyak lainnya. Boleh dibilang Hartono Mall adalah mall di Jogja yang memiliki tenant terbanyak dibandingkan lainnya.

Hal ini wajar karena slogan dari Hartono Mall adalah Your Shopping World. Sehingga wisatawan yang ke sini diharapkan bisa melakukan transaksi belanja kebutuhan apa pun.

Itulah empat destinasi wisata Jogja yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya, masih banyak destinasi wisata Jogja yang belum ditampilkan di sini. Akan tetapi, setidaknya empat destinasi wisata itu bisa menjadi rencana kuliner bagimu saat memilih menghabiskan akhir pekan di Jogja.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di Jogja, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Jogja melalui gawai atau kamera. Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan air, dan jauhi kerumunan.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Jogja!