5 Inspirasi Desain Pintu Kayu yang Cocok untuk Semua Hunian

Pintu merupakan bagian penting yang tidak dipisahkan dari sebuah hunian. Fungsi utama pintu yaitu tempat akses keluar masuk dalam sebuah ruangan. Selain itu, pintu juga berfungsi menjaga keamanan dan privasi penghuni rumah. Tidak hanya itu, pintu juga dapat mengatur sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Selain fungsi-fungsi diatas, pintu juga dapat menambah nilai estetik dari sebuah hunian. Nilai estetik yang ada pada pintu dapat terlihat dari bahan pembuatnya seperti kayu.

Pintu berbahan dasar kayu sangat umum digunakan di Indonesia. Selain karena bahan pembuat pintu kayu mudah ditemukan, kayu juga memiliki harga yang terjangkau. Harga pintu kayu yang terbuat dari pohon pinus maupun gaharu relatif terjangkau.

Tidak hanya harga yang terjangkau, pintu kayu juga mudah untuk diperbaiki. Anda hanya perlu mempercayakan jasa service pintu kayu untuk membuat pintu kayu Anda kembali seperti semula.

Pintu kayu sangat cocok dengan semua jenis desain hunian. Pintu kayu akan memancarkan nuansa hangat pada rumah. Berikut ini disajikan beberapa inspirasi desain pintu kayu yang unik dan cocok untuk semua hunian.

1.   Desain pintu kayu tradisional

Material kayu sangat identik dengan kesan tradisional. Namun, pada kenyataannya pintu kayu masih sering digunakan hingga zaman modern saat ini.

Pintu kayu tradisional saat ini sering dipadupadankan dengan kecanggihan gaya modern. Misalnya saja, pintu kayu dengan kunci berupa sidik jari atau PIN.

Atau bisa juga desain pintu kayu dengan terdapat dekorasi berupa lubang kotak di atas pintu yang tertutupi oleh kaca. Kotak tersebut berfungsi sebagai jalur pencahayaan alami.

2.   Desain pintu kayu dengan ukuran minimalis

Secara umum, pintu kayu mempunyai aksen yang umum digunakan terutama di Indonesia yaitu ukiran. Pintu kayu yang disertai ukiran dapat membuat pintu terlihat lebih indah.

Ada banyak bentuk ukiran pintu kayu yang membuat pintu terlihat lebih estetik, termasuk desain ukiran minimalis. Dengan ukuran ukiran yang tidak terlalu besar membuat pintu terlihat tidak terlalu ramai.

3.   Desain pintu kayu dengan berbagai pilihan warna

Pintu kayu tidak selalu identik dengan warna alami kayu yaitu coklat. Anda bisa memilih untuk menggunakan berbagai warna pada desain pintu kayu rumah. Jika Anda suka dengan warna-warna yang berani, Anda bisa mencoba menggunakan warna maroon.

Desain pintu kayu dengan berbagai pilihan warna dapat ditambah dengan aksen berupa jendela kaca mungil di sampingnya. Pintu kayu akan lebih terlihat estetik dengan perpaduan jendela kaca tersebut.

4.   Desain pintu geser

Pada umumnya, pintu didesain untuk membuka dan menutup dengan didorong maupun di tarik. Hal tersebut terkadang sangat merepotkan. Bila Anda menginginkan desain pintu kayu yang tidak biasa, Anda bisa menggunakan desain pintu kayu geser.

Anda hanya perlu menggeser pintu kayu ke bagian samping agar dapat membuka maupun menutup. Untuk jenis pintu geser, Anda bisa menggunakan jenis kunci sliding door agar hunian tetap aman.

5.   Desain pintu kayu simetris

Ukuran sebuah pintu menyesuaikan dengan ukuran bangunan rumah. Untuk rumah dengan ukuran besar wajib memiliki pintu yang juga berukuran besar agar seimbang.

Biasanya, model pintu kayu simetris dengan dua bukaan menjadi pilihan untuk rumah berukuran besar. Desain pintu yang melengkung di bagian atas serta pegangan pintu yang berukuran besar dapat menambah kesan estetik pada rumah. Anda juga dapat menambahkan jendela kaca pada bagian utama maupun samping pintu.

Demikian 5 inspirasi desain pintu kayu yang cocok untuk semua hunian. Jika suatu saat pintu kayu Anda membutuhkan perbaikan, Anda bisa memanggil jasa service pintu kayu. Jasa tersebut akan melakukan perbaikan dan membuat pintu Anda kembali berfungsi dengan baik.