Cara Menjalankan Bisnis Ekspor Untuk Pemula

Pengertian sederhana daripada ekspor adalah pengiriman barang ke luar negeri, sedangkan kegiatan ekspor sendiri biasanya berupa sebuah transaksi perdagangan yang dilakukan dari dalam ke luar negeri. Namun pada prakteknya ternyata melaksanakan kegiatan ekspor tidak semudah yang di bayangkan, butuh berbagai macam prosedur yang harus dilakukan demi kepentingan kedua belah pihak. Dibalik itu, bisnis ekspor juga menyimpan potensi yang cukup besar untuk meraih keuntungan mengingat kurs mata uang di beberapa negara yang lebih tinggi dari Indonesia. Oleh sebab itu untuk kamu yang ingin melakukan bisnis ekspor, ikuti beberapa langkah awal di bawah ini.

Info Jasa forwarder bisa cek disini: https://www.refincargo.com/

1. Memilih Produk Ekspor

Ini merupakan salah satu langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu memilih produk untuk di ekspor. Banyak sekali produk ekspor yang bisa kamu jual ke luar negeri, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara agraris, oleh sebab itu kamu bisa memilih salah satu hasil bumi untuk di jual keluar negeri. Selain itu Indonesia sebagai negara tropis juga memiliki beberapa produk yang tidak semua negara miliki seperti tumbuhan, rempah-rempah, beberapa hasil bumi dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang sedang mencari produk, kamu bisa mencoba untuk memulai dari produk hasil pertanian.

2. Menetapkan Negara Tujuan Ekspor

Di kedua tahap ini bisa kamu lakukan terlebih dahulu secara fleksibel, menetapkan negara tujuan atau mencari pasar terlebih dahulu, atau memilih produk terlebih dahulu. Menetapkan negara tujuan ekspor berarti juga mencari target pasar atas produk yang sudah di pilih, dengan bantuan teknologi kamu dapat dengan mudah untuk mencari negara apa yang membutuhkan produk kamu melalui internet. Saat ini juga sudah banyak website jual beli seperti marketplace yang mengakomodir kebutuhan transaksi antar negara. Perlu diketahui bahwa berbeda negara biasanya berbeda pula kebijakan mereka dalam menerima produk dari luar negeri.

3. Membuat Portal Online

Portal online sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ekspor kamu. Pada zaman dahulu kala, bisnis ekspor cukup terkendala pada proses transaksi mereka karena untuk mengetahui secara detail barang yang diinginkan, pembeli harus mengunjungi pabrik tempat produk tersebut berasal karena mereka tidak puas apabila hanya menerima informasi dari telefon saja, akan tetapi saat ini kamu bisa membuat berbagai macam portal online yang bisa digunakan oleh pembeli dan penjual untuk saling berbagi informasi. Portal online yang bisa kamu buat seperti sosial media, website, akun marketplace dan lain sebagainya.

4. Membuat Legalitas

Dalam bisnis ekspor, legalitas sangat penting. Perdagangan yang terjadi antar negara akan membutuhkan rasa percaya yang tinggi karena resiko adanya penipuan cukup tinggi. Oleh sebab itu legalitas sangat diperlukan dalam transaksi ini. Sebagai permulaan cobalah buat CV atau PT bersama dengan tim kamu agar perusahaan kamu terdaftar sebagai perusahaan resmi sehingga pihak pembeli akan lebih mempercayai kamu. Selain itu kamu juga harus mengurus dokumen legalitas produk yang kamu jual agar negara tau bahwa produk kamu aman dan tidak berbahaya.

Bersamaan dengan resiko dan juga kesulitan yang dihadapi, bisnis ekspor menyimpan potensi yang sangat besar. Oleh sebab itu hal ini sangat pantas dan layak untuk dipelajari juga di tekuni. Kamu bisa mempelajari dan mencari informasi terkait bisnis ekspor di internet dengan mudah seperti bagai mana cara ekspor yang resmi, harga ongkir ke Singapura, Produk ekspor yang laris di luar negeri dan lain sebagainya.

Leave a Comment