Cara Kirim Paket ke Luar Negeri Menggunakan Ekspedisi

 

Cara kirim paket ke luar negeri adalah salah satu cara alternatif yang bisa Anda gunakan agar barang dapat sampai ke tujuan dengan aman. Pasalnya, melakukan pengiriman atau ekspor terbilang cukup rumit. Jadi, solusinya ialah memanfaatkan adanya jasa pengiriman barang.

Beberapa Cara Kirim Paket ke Luar Negeri Menggunakan Ekspedisi

Saat ini, kegiatan ekspor ataupun impor merupakan salah satu aktivitas yang sangat diperlukan. Baik untuk keperluan bisnis, jual beli ataupun kebutuhan pribadi. Beruntungnya hal itu menjadi lebih mudah berkat adanya jasa pengiriman barang. Berikut beberapa caranya.

1. Cari Ekspedisi Terpercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari ekspedisi terpecaya. Perihal pilihannya sudah dipastikan sangatlah banyak. Jadi diperlukan ketelitian dalam menentukan pilihan. Usahakan agar mencari informasi sebanyak-banyak mengenai pihak penyedia.

Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan ketersediaan Website ekspedisi. Seperti pada Kilo.id yang memberikan berbagai informasi kepada customernya melalui situs resminya. Di dalam Website tersebut Anda pun dapat melakukan pemesanan secara langsung.

2. Booking dan Pilih Negara Tujuan

Jika sudah menemukan ekspedisi yang terpercaya, maka segeralah menghubunginya bia telepon atau aplikasi (jika ada). Tujuannya adalah untuk booking pengiriman dan mengambil form yang harus diisi. Lalu, lengkapi semua syarat serta ketentuan yang dibutuhkan.

Jika sudah melengkapi syarat dan ketentuannya, pilih negara tujuan paket akan dikirim. Dalam hal ini pastikan bahwa Anda memilih ekspedisi yang memiliki layanan pengiriman barang internasional. Jika tidak ada, carilah yang mempunya servis ekspor dan impor.

3. Pilih Layanan Pengiriman

Cara kirim paket ke luar negeri selanjutnya adalah memilih layanan pengiriman. Disini Anda dapat menentukan jalur yang ingin digunakan. Biasanya, jika pengiriman antar negara pilihannya hanya ada dua. Pertama transportasi udara dan kedua jalur laut.

Keduanya tentu memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda begitu juga dengan tarif pengirimannya. Jika Anda ingin paket sampai ke tujuan dengan cepat karena urusan mendesak, maka gunakan jalur udara. Namun harganya pun mungkin lebih tinggi.

4. Berikan Informasi Paket

Jika Anda sudah menentukan layanan pengiriman, langkah selanjutnya adalah memberikan informasi mengenai paket. Berikan keterangan dengan baik dan benar serta jangan sampai ada yang keliru sedikitpun. Apabila terjadi kesalahan maka akan memenyulitkan prosesnya.

Masukan informasi kategori barang, berat bebannya hingga ukuran dan keterangan lainnya. Perihal jenisnya penting untuk Anda berikan keterangan demi keamanan. Pada tahap ini juga bertujuan guna mengestimasi biaya secara keseluruhan.

5. Serahkan Paket

Tahap berikutnya adalah menyerahkan paket ke ekspedisi. Dalam proses ini ada dua cara yang bisa Anda gunakan yaitu mengantarnya langsung atau dijemput pihak penyedia jasa. Perihal layanan jemput tentu terdapat beberapa ketentuan dan keter batasan jarak.

Pasalnya, apabila Anda menggunakan layanan jemput paket ada kemungkinya terdapat biaya tambahan. Setelah barang diserahkan ke pihak ekspedisi, mintalah informasi pengirman. Selain itu jangan lupa untuk meminta kode resi paket.

6. Pembayaran dan Cek Status Pengiriman

Setelah semua prosesnya sudah dilakukan dan barang telah diserahkan, selanjutnya tahap pembayaran. Segera lunasi biaya secara keseluruhan agar barang bisa diantar ke alamat tujuan. Jangan lupa untuk meminta akses tracking.

Cek status pengiriman dimulai dari tanggal dikirimnya barang. Lakukan pemantauan terus menerus untuk mengetahui keberadaan paket Anda. Tracking bisa menggunakan fitur yang sidah disediakan oleh pihak penyedia jasa. Proses pengiriman pun selesai.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara kirim paket ke luar negeri menggunakan ekspedisi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa Anda memilih jasa pengiriman barang terpercaya. Info selengkapnya bisa kunjungi situs Kilo.id. Untuk Anda yang membutuhkan layanan jasa kirim ekspor ke Malaysia. Anda bisa cek ongkir ke malaysia dan info apapun yang Anda butuhkan melalui website Kilo.id.

Leave a Comment