Menilik Obat Gangguan Pernafasan di Aplikasi SehatQ

 

 

Pernahkah Anda mengalami gangguan pernafasan? Jika pernah, Anda pasti pernah juga mendengar istilah obat salbutamol bukan? Obat ini mungkin sering Anda dengar dari dokter yang meresepkan obat. Salbutamol sendiri merupakan sejenis obat bronkodilator yang dapat membantu mengatasi masalah gangguan paru-paru dan juga asma.

Salbutamol bisa berupa obat kapsul, bisa juga berupa obat hirup atau nebuliser. Obat ini dengan bentuk nebuliser akan dihirup oleh pengguna untuk mendapatkan obat yang masuk secara langsung ke bagian pernafasan. Selain itu, ada juga bentuk salbutamol yang berupa sirup minum. Tidak hanya dikonsumsi oleh orang dewasa, salbutamol juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Dosis yang harus dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa pun punya perbedaan. Hal ini juga berdasarkan kondisi tubuh dan gangguan yang dialami penderita.

Beberapa Efek Samping Salbutamol

Seperti halnya obat lain, salbutamol juga memiliki efek samping yang bisa dirasakan usai menggunakannya. Apa saja efek samping yang dimaksud? Langsung saja berikut di bawah ini beberapa efeknya:

1. Tremor

 

Saat menggunakan obat ini, tubuh Anda mungkin bisa saja mengalami tremor. Tremor sendiri adalah kondisi dimana tubuh mengalami gemetar yang cukup hebat dan tidak bisa dikendalikan dengan mudah.

2. Sakit Kepala/ Pusing

Umumnya, pemakai obat ini akan mengalami pusing atau sakit kepala hingga satu minggu lamanya. Namun jika rasa pusing yang dirasakan ternyata melebihi waktu satu minggu, maka segeralah ambil tindakan konsultasi dengan dokter terpercaya.

Untuk mengatasi efek samping ini pun cukup mudah sebenarnya. Konsumsi air putih secara cukup. Istirahatkan badan dari aktifitas berat juga bisa membantu mengatasi rasa sakit kepala ini.

3. Tekanan Darah Tidak Stabil

 

Efek samping selanjut yang bisa dirasakan oleh pemakai obat ini adalah tekanan darah yang tidak stabil. Tekanan darah bisa saja naik drastis atau bahkan bisa juga turun drastis. Maka perbanyak istirahat dan konsumsi makanan bergizi agar tekanan darah bisa kembali stabil.

4. Jantung Berdetak Lebih Kencang

Selain tekanan darah yang tidak stabil, salbutamol juga bisa menyebabkan detakan jantung yang semakin kencang atau cepat. Usahakan untuk tidak panik saat mengalami efek ini. Atur pernafasan Anda dengan baik dan minum air putih secara cukup. Jika dalam waktu lama efek tidak berkurang, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terdekat.

5. Rasa Kram Pada Otot

 

Dalam beberapa kasus, salbutamol ternyata juga bisa menyebabkan rasa Kram pada bagian otot tertentu. Pemijatan ringan bisa membantu mengatasi rasa kram pada otot tersebut.

Semua efek samping di atas, merupakan hal yang wajar terjadi. Namun jika efek bekerja cukup parah, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian dan datangi segera dokter terdekat dan terpercaya untuk melakukan konsultasi.

Hal Penting Sebelum Konsumsi Salbutamol

Agar terhindar dari efek dan resiko yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda perlu tahu apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat salbutamol. Apa saja obat yang dimaksud itu? Berikut ini poin penjelasannya:

1. Pastikan Konsultasi Riwayat Penyakit

 

Konsumsi salbutamol ini tidak bisa secara sembarangan, melainkan harus sesuai anjuran dokter. Sebelum mengkonsumsi obat ini, pastikan Anda konsultasi pada dokter terpercaya. Akan diperlukan kehati-hatian bagi penderita kardiovaskular, darah tinggi, diabetes, hipokalemia, dan penderita kejang akut. Bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi, namun penderita riwayat sakit tersebut harus sesuai anjuran dokter dulu.

2. Memperhatikan Kontraindikasi

 

Pemakaian obat ini juga memiliki kontraindikasi pada beberapa kondisi tubuh tertentu. Penderita alergi ketoconazole sebaiknya tidak mengkonsumsi salbutamol. Selain itu, orang yang punya riwayat aborsi dan hipertensivitas juga sebaiknya menghindari konsumsi salbutamol ini.

Obat salbutamol bisa Anda dapatkan di apotek terdekat atau diberikan secara langsung oleh dokter yang menangani. Pastikan Anda selalu memperhatikan kondisi tubuh sebelum konsumsi obat ini. Selalu konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda. Penjelasan salbutamol lebih lanjut bisa Anda temukan di menu direktori obat sehatQ.com.

 

Leave a Comment