Rafting, Olahraga Air yang Diminati Wisatawan & Millenial

 

Apa itu Rafting ? Rafting adalah istilah populer untuk Arung Jeram dalam bahasa indonesia sehari-hari. Rafting adalah olahraga dan kegiatan yang melihat seorang kru bekerja Bersama-sama untuk mengarungi sungai atau jalur arung buatan atau alami. Di berbagai daerah di Indonesia ada banyak lokasi rafting seperti rafting di Kota Medan tepatnya Sei Asahan yang sudah dikenal dunia, rafting medan di Sei Bah Bolon dan Sei wampum.

Rakit dalam bentuknya yang paling sederhana adalah perahu karet besar. Mereka datang dalam berbagai ukuran dari 4 pria hingga 18 pria, di Splash White Water Rafting kami biasanya menggunakan rakit 6 pria, 8 pria dan 10 pria tergantung pada sungai yang diarungi.

Semua rakit modern dibuat untuk selfbailing yang berarti mereka tidak pernah membutuhkan bailing dengan ember ketika air membanjiri (dan airnya hampir dijamin akan membanjiri). Rakit juga direkayasa agar lebih tahan lama sehingga memungkinkan mereka menangani semua yang dilemparkan sungai ke arah mereka.

Peserta Rafting (Awak Kapal)

Dalam olahraga Rafting  krunya adalah satu tim, mereka bekerja bersama-sama untuk menggerakkan perahu. Setiap anggota kru ini biasanya merupakan ahli/penggemar Rafting  yang sangat terampil. Setiap anggota kru dapat membaca sungai yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara mandiri sebagai sebuah tim. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengarungi jeram sungai tanpa pemandu.

Dalam perjalanan Rafting  komersial, para kru biasanya mengalami Rafting  untuk pertama kalinya dan membutuhkan pemandu atau kapten berpengalaman yang mengemudikan perahu. Para kru bekerja sama untuk memenuhi perintah yang diteriakkan oleh pemandu. Dalam analogi ini, jika pemandu adalah pengemudi maka kru adalah mesinnya.

Guide Rafting

Tugas pemandu adalah tentang Keselamatan. Tugas mereka adalah untuk menginstruksikan kru mereka yang mencakup seluruh rangkaian latihan keselamatan di kapal dan di sungai, termasuk halhal seperti berenang di air putih, berbagai pukulan mendayung, dan perintah. Pemandu bertanggung jawab untuk membaca sungai di depan dan menentukan rute terbaik melalui jeram, pengalaman mereka sangat penting untuk pengalaman Rafting  yang menyenangkan, mengasyikkan, namun aman. Pemandu Rafting  adalah jenis yang unik dan hampir selalu memiliki kepribadian yang unik dan menyenangkan.

Peralatan

Peralatan Rafting  untuk klien meliputi alat bantu apung, pakaian selam, helm, dan dayung. Untuk pemandu, itu termasuk rakit, tali lempar, alat komunikasi, peluit, pisau sungai, alat bantu apung arung, kotak P3K dan dayung pemandu besar untuk daya ungkit ekstra.

Navigasi

Juga dikenal sebagai membaca sungai adalah keterampilan yang membutuhkan banyak latihan. Sungai memiliki banyak fitur (volume air, penurunan vertikal, hambatan, puing-puing, batu, batuan undercut, saringan, lubang, ombak dan banyak lagi) yang membentuk jeram. Rafting  memiliki jeram yang bergradasi dari 1 sampai 6. Dimana 1 resiko rendah dan 6 resiko tinggi. Tugas pemandu adalah menavigasi sungai, menghindari bahaya sambil menangkap semua fitur menyenangkan yang membuat Rafting  sangat menyenangkan.

Kursus Buatan.

Kursus buatan membawa dinamika baru untuk Rafting  karena secara teknis bukan lagi Rafting  “sungai”. Kursus-kursus ini sepenuhnya terkendali, dengan teknisi yang menentukan laju aliran air. Gaya ini tentu saja menggunakan balok gaya lego yang dapat dimanipulasi untuk menciptakan fitur air yang berbeda. Ini digunakan untuk mensimulasikan gaya yang berbeda dari natural rapid. Kursus buatan hampir selalu lebih mudah diakses daripada sungai pedalaman, yang terletak di kota-kota besar seperti kursus air putih buatan Glasgow.

Kesimpulannya, ada beberapa faktor yang masuk ke River Rafting dan semua tergantung pada apa tujuan Anda. Namun untuk seseorang di pesta ulang tahun, rusa jantan , atau hanya mencari hari petualangan yang menyenangkan untuk keluarga maka Rafting  dengan perusahaan terkemuka seperti Splash dengan pengalaman lebih dari dua puluh tahun adalah jalan ke depan. Selama perjalanan, kami mengurus segala sesuatu yang diperlukan untuk perjalanan yang sukses termasuk keselamatan, instruksi dan peralatan. Hal ini memungkinkan klien dapat langsung menyelam dan memiliki pengalaman petualangan yang luar biasa River Rafting. Rafting  adalah pengalaman yang membuat banyak klien kami kembali lagi dan lagi.

 

Leave a Comment