Ingin Bermain Futsal? Pahami Dulu Peraturan Futsal Indonesia Berikut Ini!

Peraturan futsal Indonesia yang sangat penting dan perlu diketahui memang ada beberapa poin. Dalam olahraga ini bisa dibilang hampir mirip dengan sepakbola, namun untuk jumlah timnya berjumlah 5 orang. Tujuannya sendiri juga sama, yaitu permainan bisa dimenangkan oleh tim yang mencetak gol lebih banyak.

Meskipun mempunyai beberapa kesamaan dengan sepakbola, bisa dibilang peraturan dari futsal dan sepakbola berbeda. Berikut adalah beberapa peraturan dasar dalam sebuah permainan futsal yang bisa Anda ketahui:

Peraturan Futsal Indonesia Secara Umum

Di dalam setiap tim futsal, tentu saja mempunyai hak untuk meminta satu kali time out selama satu menit di setiap babak. Namun, tak ada waktu tambahan maupun penghentian permainan di luar permainan waktu time out tersebut.

Selain itu, kiper juga wajib untuk mengenakan seragam berbeda dengan pemain lain di dalam tim. Bahkan, tidak terdapat istilah offside di dalam futsal.

Aturan Pergantian pemain

Untuk pergantian pemain di dalam futsal ini juga terbilang berlangsung sangat cepat. Dimana wasit tak perlu menghentikan permainan saat ada tim yang akan melakukan pergantian pemain. Peraturan futsal Indonesia ini terbilang unik karena memang di sepakbola membutuhkan waktu dan tidak bisa cepat.

Aturan Kick Off

Pemain nantinya akan diperbolehkan untuk melakukan shooting secara langsung ke arah gawang ketika kick off sedang berlangsung. Tetapi, sebelumnya memang harus dengan sentuhan awal pemain lain.

Aturan Kick In

Peraturan futsal Indonesia kali ini cukup unik dan menarik, karena di dalam olahraga sepakbola Anda mengenalnya dengan lemparan ke dalam. Sedangkan di dalam olahraga futsal bisa dilakukan hanya menggunakan tendangan saja.

Aturan Goal Clearances

Di dalam futsal, seorang kiper tak bisa terlalu lama untuk melakukan penguasaan bola saat permainan sedang berlangsung. Bola tersebut harus dimainkan di dalam waktu empat detik semenjak tim sudah siap memainkan boa futsal ataupun wasit memberikan isyarat jika tim sudah siap untuk bermain.

Aturan Tendangan Sudut

Dalam tendangan sudut ini sebenarnya sedikit berbeda dari sepakbola, dimana jika tendangann tersebut tidak dilakukan di dalam waktu 4 detik, tentu saja menjadi izin gawang untuk tim futsal lawan.

Aturan Tendangan Bebas

Aturan satu ini dapat dilakukan langsung ataupun tidak langsung. Dalam artian dilakukan dari umpan pendek pemain satu tim tersebut.

Demikian, beberapa peraturan futsal Indonesia yang bisa Anda ketahui. Dengan memahami setiap peraturan tersebut, tentu saja akan lebih menguasai pertandingan. Untuk peraturan futsal terbaru, langsung saja cek di Bolalob karena lebih lengkap.