Cara Klaim Asuransi Mobil

Di era modern ini, keberadaan kendaraan roda empat atau yang biasa disebut mobil sudah semakin banyak. Apalagi anak muda milenial zaman sekarang lebih memilih membeli mobil daripada motor. Alasannya sederhana, sebab mobil bisa dipakai untuk banyak orang. Selain itu mobil juga bisa melindungi dari panas matahari dan juga air hujan.

Namun sebelum membeli sebuah mobil, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti perbandingan harga mobil di beberapa showroom hingga asuransi mobil yang digunakan. Asuransi mobil memang sangat penting apalagi saat ini tidak semua orang bisa berhati-hati dijalan. Sehingga daripada Anda rugi di kemudian hari maka beli asuransi mobil all risk sejak awal.

Beberapa kerusakan yang bisa di tanggung asuransi seperti lecet pada mobil, penyok pada mobil, hingga kerusakan mesin mobil. Biasanya jenis kerusakan yang bisa di tanggung asuransi ini tergantung dengan jenis asuransi yang Anda gunakan. Semakin bagus jenis asuransinya maka akan semakin banyak cakupan kerusakan yang bisa dibiayai asuransi mobil tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk mengklaim asuransi mobil jika terjadi kerusakan pada mobil? Cara untuk klaim asuransi mobil biasanya berbeda-beda tergantung perusahaan asuransi apa yang Anda pakai. Namun jika dilihat secara garis besar, maka cara klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut ini:

1. Lapor dengan menyertakan bukti

Jika mobil Anda rusak baik fisik maupun komponen di dalam mobil maka langkah pertama adalah segera lapor ke pihak asuransi mobil Anda. Ketika Anda melaporkan kerusakan mobil ini jangan lupa menyertakan bukti. Apabila tidak ada bukti biasanya proses klaim asuransi akan semakin lama dan kemungkinan buruknya klaim Anda bisa ditolak.

2. Persiapkan dokumen secara lengkap

Setelah Anda melapor ke perusahaan asuransi mobil maka persiapkan dokumen pendukung klaim asuransi secara lengkap. Biasanya jenis dokumen apa saja yang harus Anda siapkan ini sudah diberitahu oleh perusahaan asuransi terlebih dahulu. Usahakan semua dokumen yang diminta oleh perusahaan asuransi bisa Anda lengkapi agar proses klaim lancar nantinya.

3. Datang ke perusahaan asuransi

Ketika dokumen yang diminta sudah siap maka Anda bisa langsung mendatangi perusahaan tempat Anda membeli asuransi untuk mobil Anda. Biasanya setiap kota di seluruh Indonesia sudah ada satu atau dua perusahaan asuransi. Sehingga Anda tidak perlu ke kantor pusat ketika akan klaim asuransi untuk mobil Anda.

4. Klaim secara online

Saat ini kasus Covid-19 sedang tinggi, maka pilihan lain dan lebih aman untuk klaim asuransi adalah  klaim secara online. Biasanya perusahaan asuransi menyediakan website yang bisa diakses oleh pemilik asuransi mobil. Bahkan tidak jarang ada perusahaan asuransi yang menyediakan aplikasi untuk para customer mereka.

5. Menggunakan bengkel rekanan asuransi

Setiap perusahaan asuransi mobil pasti memiliki bengkel rekanan atau bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut. Agar klaim Anda diterima, maka manfaatkan hal ini. Dengan cara melakukan servis di bengkel rekanan asuransi dan membuat bukti di bengkel tersebut. Sehingga pihak asuransi akan lebih percaya terhadap Anda.

Itu tadi 5 cara untuk klaim asuransi mobil yang bisa Anda lakukan. Diterima atau tidaknya klaim asuransi yang Anda ajukan tergantung pada banyaknya bukti yang ada. Namun ada beberapa kerusakan yang tidak bisa di tanggung asuransi. Seperti kerusakan pada velg dan ban, kerusakan akibat kelebihan muatan, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment