6 Kandungan Buah Naga Merah Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Buah naga merupakan salah satu buah yang umum ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki bentuk bulat berwarna merah keunguan dan bersisik. Buah naga yang bisa tumbuh di Indonesia sendiri terdiri dari dua jenis, yakni buah naga putih dan buah naga merah.

Meskipun memiliki warna daging yang berbeda, nyatanya buah yang memiliki rasa nikmat dan segar ini memiliki kandungan serta manfaat yang sama. Setidaknya untuk satu porsi buah naga memiliki sekitar 60 kalori. Selain bebas lemak, berikut beberapa kandungan serta manfaat lain dari buah naga:

 1. Zat Besi

Dalam buah naga terdapat kandungan zat besi yang jumlahnya cukup tinggi. Zat besi sendiri merupakan salah satu mineral yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Zat besi berperan sebagai bahan pembuatan sel darah merah, sehingga jika kebutuhan zat besi kurang maka jumlah produksi sel darah merah pada tubuh juga akan berkurang.

Jika sel darah merah berkurang maka Anda akan lebih berisiko terkena serangan anemia atau penyakit yang diakibatkan karena kurang sel darah merah. Dengan memenuhi asupan zat besi menggunakan buah naga maka Anda akan terhindar dari masalah kesehatan terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi

2. Vitamin C

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, yakni melindungi tubuh akibat paparan dari radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin C ini juga berperan penting untuk merangsang pembentukan kolagen. Dan juga membantu penyerapan zat besi sehingga jumlah peredaran darah merah di tubuh cukup hingga menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.

3. Kalsium

Tubuh membutuhkan kalsium untuk memelihara kekuatan tulang. Di samping itu organ jantung, saraf dan otot juga membutuhkan kalsium untuk bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda kekurangan kalsium maka akan lebih rentan terkena risiko penyakit osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang mulai berkurang, sehingga menyebabkan tulang mudah keropos. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi buah naga yang yang dibuat susu akan memenuhi kebutuhan kalsium harian.

4. Vitamin B2 dan B3

Vitamin B2 dan B3 berperan penting dalam memelihara kesehatan jaringan tubuh dan kelancaran metabolisme pada tubuh. Jika asupan vitamin B harian kamu tercukupi maka hal ini akan menurunkan beberapa risiko Anda terkena penyakit seperti katarak, penyakit jantung, migrain hingga preeklamsia. Vitamin B juga memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh manusia.

5. Antioksidan

Buah naga memiliki zat pewarna alami yang dinamakan antosianin. Zat pewarna alami ini dipercaya mengandung antioksidan yang dapat melindungi jaringan serta sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin juga akan menurunkan risiko Anda terkena penyakit kanker.

6. Magnesium

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium dengan jumlah yang banyak. Magnesium sendiri bermanfaat untuk meringankan dan mencegah penyakit kram otot sehingga meningkatkan performa dan juga stamina Anda ketika berolahraga. Selain itu magnesium juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan memelihara kesehatan serta kinerja jantung, hingga gejala diabetes tipe 2.

Buah naga yang memiliki manfaat lengkap, tentunya adalah buah naga yang masih segar. Untuk mendapatkan buah naga yang segar ini, Anda bisa membelinya langsung di TaniHub. Tempat belanja sayur dan buah online terbaik ini ini menyediakan berbagai jenis buah-buahan segar yang dipetik langsung dari petani loh.

Tak hanya buah, TaniHub juga menyediakan kebutuhan pokok lainnya seperti sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Jadi jika ingin belanja sayur dan buah online, selalu ingat TaniHub ya. Selamat berbelanja 😊

Leave a Comment